Kamis, 13 September 2012

Pengembang Game Khawatir Soal Windows 8

Pengembang Game Khawatir Soal Windows 8:

Washington, AS - Sementara dunia komputasi dan konsumen tak sabar menantikan Windows 8 resmi dirilis, salah satu segmen yang tengah berkembang, yakni di ranah game, tampaknya pesimistis menyambut kedatangan Windows 8. 

Kabarnya, semakin banyak developer game yang merasa cemas mengenai Windows 8. Mereka mengkhawatirkan efek sistem operasi (OS) terbaru Microsoft tersebut terhadap industri PC game yang saat ini terus tumbuh. 

Salah satu nama yang cukup disegani di industri ini -- yang menyatakan kekhawatiran tersebut -- adalah Gabe Newell, pendiri perusahaan pengembang video game Valve. Dia bahkan tampak seperti melihatnya sebagai bencana, setiap kali membahas Windows 8. 

Brad Wardell dari pengembang game Stardock pun memperlihatkan sikap yang sama dengan Newell. "Berharap saja semoga pasar akan bisa beradaptasi dengan strategi salah yang coba diterapkan Microsoft melalui Windows 8," kata Wardell seperti dikutip detikINET dari Tech Radar, Jumat (10/8/2012).

Chris Delay dari pengembang game Introversion pun mengekspresikan tanggapan yang hampir sama. "Saya sangat membenci konsep umum 'closing down' Windows, dan memang ini tampaknya arah yang dituju Microsoft," ujarnya. 

"Tak ada yang lebih menakutkan selain membayangkan bahwa suatu saat nanti, semua aplikasi Windows mungkin akan disertifikasi oleh Microsoft sebelum dirilis dan diinstal di komputer pengguna," lanjutnya.

Masalah utama Windows 8 dengan para developer game adalah terus membawa kemungkinan platform tertutup. Dalam skenario Microsoft, game dan semua software lainnya nantinya hanya akan tersedia di Windows Store.

Agar bisa muncul di Windows Store, game tersebut harus mendapatkan sertifikasi Microsoft serta diwajibkan untuk mendukung kontroler, integrasi dengan Xbox Live dan fitur kegunaan lainnya. Ini bisa membatasi sejumlah developer dan memakan waktu serta biaya yang tidak sedikit. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India